HarySoemarwoto’s Weblog

Pemikiran Seorang Anak Bangsa

GOLPUT (gaya Gus Dur),Kok… Repot !

Posted by harysoemarwoto on June 16, 2008

Dunia ini panggung sandiwara. Itulah gambaran yang saat ini sedang terjadi dengan carutmarutnya situasi perpolitikan Indonesia menjelang Pemilu & Pilpres 2009. Tarik menarik kepentingan, tuduh-menuduh, black campaign, kasus monas, kasus jaksa “bobrok”, isue BBM, verifikasi parpol, konflik internal parpol itu semua pendulum yang siap digoyang sana, goyang sini. Bagimana nasib rakyat?

Konflik internal parpol? Ya itu biasa sebagai dinamisasi partai sepanjnag konflik dapat dikelola dengan win-win solution; tetapi kalau sudah menjadi perpecahan yang berujung pada pengkambinghitaman pihak lain maka yang ada hanyalah disharmoni. Misal seruan Gus Dur untuk Golput pada Pemilu 2009. GOLPUT, KOK REPOT !! Mengapa Gus Dur baru menyerukan Golput sekarang ? Orang awam dengan cepat akan segera menjawab karena PKB versi Gus Dur kalah dengan PKB versi Gus Imin (anak keponakan Gus Dur sendiri) di PN Jakarta Selatan. Golput gaya Gus Dur dan juga umumnya para politisi kita akan selalu terjadi karena dalam diri mereka selalu berkecamuk perasaan dan kemauan ingin selalu menang, merasa benar dan menang sendiri. Kesepakatan diawal pemilu, pilpres maupun pilkada selalu dideklarasi ” SIAP MENANG & SIAP KALAH” oleh semua kontestan yang difasilitasi KPU(D) , tapi dalam kenyataannya mereka TIDAK SIAP KALAH. Mereka akan menggunakan “jurus mabuk”, yang penting cari menang karena sudah kepalang basah dan habis-habisan dana, tenaga. Ha..ha…dan utang lagi. Jangankan memperjuangkan nasib rakyat, nasib sendiri saja tidak menentu.

Saya pikir untuk Golput atau tidak itu hak masing-masing orang, namun bagi kita yang sedang membangun demokrasi perlu mengedepankan cara-cara santun dan sikap legowo/besar hati menenrima kekalahan. Tokoh parpol dan siapa saja yang ingin tampil memimpin negeri ini janganlah hanya mengejar kepentingan diri & kelompoknya, tapi buktikan janji-janji anda saat kampanye. Ingat bahwa janji-janji anda itu akan dimintai pertanggungjawabannya (bukan hanya oleh rakyat konstituennya), utamanya kepada Allah Yang Maha Mengetahui. Ke depan, saya pikir akan lebih baik jika negeri ini diisi oleh tokoh-tokoh muda yang berakhlak mulia, cerdas dan bersih. Tokoh tua yang selama ini berada di puncak kekuasaan sebaiknya segera mundur dan memberi kesempatan kepada yang muda misal Hidayat Nur Wahid – Ketua MPR kita. Gitu saja, kok repot !

One Response to “GOLPUT (gaya Gus Dur),Kok… Repot !”

  1. zainul halim said

    Gus Dur,yah gitulah..kenapa harus dipikir repot,dia aja gak mau repot,Biarkan kelopok GD dan Kw2 ,ya bernyanyi,menari dan bermain genderang,kita jd penonton ajalah.Paling besok2 mereka semua akan KENDURI sambil TAHLILAN bareng di Jombang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: