HarySoemarwoto’s Weblog

Pemikiran Seorang Anak Bangsa

Ayo, Wisata ke Daerahku !

Posted by harysoemarwoto on May 23, 2008

 

Daerahku adalah Kebumen terletak 110 km sebelah barat kota Yogyakarta, merupakan salah satuju tujuan wisata Jawa tengah.  Memiliki panorama alam yang indah, dengan semboyan “KEBUMEN BERIMAN”. Wisatawan akan terpenuhi harapannya dengan mengunjungi pantai, gua dan makan-makanan khas. Jika Anda ingin berkunjung ke daerahku ini  insyaallah dapat kubantu mencarikan guide-nya.

1.  Goa Jatijajar 
 Goa Jatijajar terletak di Kecamatan Ayah (maaf lho , tidak ada kecamatan Ibu), 23 km Selatan Gombong atau 42 km ke barat dari Kebumen. Di depan goa tumbuh 2 pohon jati , konon makanya disebut Goa Jatijajar. Patung-patung di dalam gua menggambarkan legenda Raden Kamandaka. Di Kawasan Obyek Wisata Gua jatijajar terdapat Gua Dempok, Gua Titikan, Gua Intan dan Gua Jatijajar satu paket. Di dalam Gua Jatijajar terdapat empat sendang yaitu : Sendang Mawar, Kantil, Jombor dan Puser Bumi. Apabila kita cuci muka di sendang Mawar kita akan awet muda, bila cuci muka di sendang Kantil akan meningkat derajatnya. Sendang Jombor dapat untuk wisata minat khusus Cave Diving dan di Sendang Puser Bumi orang percaya untuk Semedi.

2. Goa Petruk

Goa Petruk terletak 7 km selatan Goa Jatijajar. Terdapat stalaktit dan stalakmit yang bentuknya menyerupai payudara, tugu pancuran, buaya putih, semar, otak, srigala, gajah dan lain-lain. Menyusuri Goa Petruk dibagi dua jalur yaitu jalur pendek 125 meter dan jalur panjang 664 meter dengan memakai peralatan sepatu boat, helm goa dan headlamp. Disamping kegiatan menyusuri goa juga dapat untuk tracking, panjat tebing dan juga ada homestay.

3. Situs Bebatuan Karangsambung

Desa Karangsambung terletak sekitar 17 km utara Kebumen, dihubungkan oleh jalan beraspal hingga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Karangsambung yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kawasan Karangsambung terletak di bagian selatan rangkaian Pegunungan Serayu Selatan, yang daerahnya di susun oleh batuan berumur pra-Tersier hingga Kuarter. Kompleks batuan pra-Tersier yang berumur puluhan juta tahun merupakan alas dari Pulau Jawa yang tersingkap. Situs geologi tersebut merupakan satuan tektonik yang terbentuk akibat penunjaman Samudra Hindia-Australia di bawah pinggiran Benua Asia Tenggara. Beragam Jenis ukuran dan lingkungan pengendapan batuan tercampur menjadi satu secara tektonik, membentuk endapan yang dikenal sebagai bancuh (melange).

4. Sendang Pelus

Obyek wisata alam budaya ini terletak di Kecamatan Buayan, sekitar 10 km selatan Gombong atau 31 km baratdaya Kebumen. Air yang ke luar dari celah batu gamping di bawah perbukitan membentuk sebuah sendang yang memiliki garis tengah sekitar 5 m. Limpahan air disalurkan melalui parit, yang di bagian hilirnya dipakai oleh penduduk setempat untuk keperluan memasak, mandi dan mencuci. Sendang atau mata air ini dihuni oleh 7 ekor pelus sejenis belut besar yang dikeramatkan. Pada hari-hari tertentu banyak orang menaruh sesaji di pinggir sendang dan memohon supaya cita-cita dan keinginannya terkabul. Upacara ritual ini diakhiri dengan memberi makan pelus, berupa nasi dan telur goreng. Pemberian makanan dilakukan melalui juru kunci penjaga sendang, yang dijabat secara turun-temurun. Setahun sekali sendang dibersihkan, didahului dengan upacara yang digelar secara adat dan tradisi setempat.

5. Pantai LoGending

Pantai LoGending terletak 11 km arah selatan gua Jatijajar tepatnya di desa Ayah Kecamatan Ayah. Terdapat Bumi perkemahan, Hutan wisata, Jalan di atas air dermaga dan wisata perahu serta dapat menikmati sea food di warung-warung atau belanja ikan segar yang dapat dibeli di TPI Ayah.

6. Pantai Karang Bolong & Burung Lawet

Pantai ini sangat terkenal dengan sarang burung lawetnya, terletak 18 km dari Gombong. Terdapat tiga gua dimana burung lawet tinggal yaitu Gua Pasir, Gua Karangduwur dan Gua Karangbolong. Sarang burung lawet ini dapat digunakan untuk obat campuran makanan. Pengunduhan dilakukan empat kali yaitu pada musim karo, kapat, kapitu dan kasongo dimana sebelum pengunduhan lawet ini didahului dengan upacara selamatan.

7. Pantai Karangbata

Obyek wisata yang belum dikembangkan ini terletak sekitar 7 km timur Pantai Logending, menempati sebuah tanjung kecil yang curam sehingga merupakan pantai terjal. Pantai yang terletak di bawah bangunan mercu suar ini dapat dicapai dengan berjalan kaki melalui pematang perbukitan yang landai. Gawir terjal yang berbatasan langsung dengan laut merupakan bidang sesar turun. Bongkah bagian selatan yang ambles menyisakan beberapa tonjolan yang muncul di atas permukaan laut, yang menjadi bertambah rendah karena kegiatan abrasi.

8. Pantai Menganti

Pantai yang terletak sekitar 3 km timur Pantai Karangbata ini merupakan pantai landai berpasir yang dibatasi oleh perbukitan batu gamping dan batuan (klastika) gunung api. Hamparan pasir berwarna putih hasil abrasi batu gamping dan keindahan pohon kelapa di pinggir pantai menciptakan nuansa dan pesona keindahan tersendiri. Pantai ini dimanfaatkan untuk melabuhkan perahu setelah semalaman melaut mencari ikan dan udang. Kecuali sebagi objek wisata pantai, kawasan Pantai Menganti dan Pantai Karangbata juga cocok untuk dikembangkan menjadi objek argowisata. Disini wisatawan dapat melakukan kegiatan memancing dan berbelanja ikan laut.

9. Waduk Sempor

Terletak 5 km sebelah utara kota Gombong tepatnya di desa Sempor Kecamatan Sempor. Selain untuk mengairi pertanian juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan olah raga, rekreasi, memancing dan usaha perikanan.

10. Bentang Vander Wijck

Terletak di kota Gombong, 21 km barat Kebumen. Dibangun pada abad ke 18 untuk pertahanan Belanda. Mudah dicapai dengan kendaraan pribadi atau umum. Terdapat fasilitas pendukung antara lain : Hotel, Restoran, Ruang pertemuan, kolam renang, rekreasi air, kereta mini, Panggung hiburan dan ruang seminar

11. Pemandian Air Panas Krakal

Terletak di Desa Krakal Kecamatan Alian, 11 km timur laut Kebumen. Pengunjung dapat menikmati air hangat untuk rileks serta dapat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit seperti gatal, kudis dan rematik.

12.. Pantai Petanahan

Dataran pantai landai berpasir yang sangat khas dengan gumuk pasir yang selalu berpindah, ini terletak 17 km ke arah selatan Kebumen. Dapat dicapai dengan kendaraan umum atau pribadi. Terdapat fasilitas pendukung seperti taman parkir, taman bermain, sanitasi, warung makan serta panggung hiburan. Di kawasan pantai ini sering digunakan untuk event festival layang-layang. Pada Syawalan hari ke 1 – 7 sangat ramai karena tradisi masyarakat Kebumen untuk berkunjung ke Pantai.

13. Pantai Ambal

Pantai Ambal terletak di Kec.Ambal sekitar 25 km arah tenggara kota Kebumen. Pantai ini ramai dipadati pengunjung terutama pada tgl 2-7 Syawal (Lebaran). Disana juga sering digelar Lomba motocross dan pacuan kuda. Ya, disinilah gudangnya Sate ayam yang khas dengan bumbu dari tempe, sebagaimana saya telah publish sebelumnya.

14.. Pantai Mirit

Pantai Mirit terletak di Kec.Mirit sekitar 40 km arah tenggara kota Kebumen.(sebelah timur Pantai Ambal sekitar 7 km). Pantai ini ramai dipadati pengunjung terutama pada tgl 2 Syawal (sehari setelah Lebaran). Disini juga dijajakan Sate Ambal yang maknyuusss, emping dan kupat tahu. Disamping itu, didaerah ini juga banyak dalang wayang kulit, wayang golek (cerita babad menak) dan wayang wong. Salah satu dalang senior wayang golek adalah Ki Sindhu Hardjo, yang kini diteruskan oleh anak turunnya. Oh ya, kakak kandung saya selain menjadi guru juga dalang wayang kulit bernama Ki Bondan Riyanto Soemarwoto. Sedangkan wayang wong dulu dibudayakan oleh Kakek saya Eyang Partodiwirjo di desa Winong, diteruskan juga oleh ayahku.

15. Pantai Rowo

Pantai yang terletak di dekat perbatasan Kabupaten Purworejo ini merupakan pantai landai yang cukup luas, dengan hamparan pasir putihnya yang menyilaukan di siang hari. Deburan ombak laut selatan yang bergulung-gulung menumbuhkan keindahan tersendiri. Pantai ini terletak di desa Rowo kec. Mirit sekitar 6 km sebelah timur Pantai Mirit yang sangat ramai pengunjung pada Lebaran ke-8. Disini juga dijajakan Sate Ambal yang hmm..makNyuusss, emping, kupat tahu dan buah bengkoang.

16. Waduk Wadaslintang

Waduk ini lebih besar dari waduk Sempor. Terletak 35 km ke arah timur laut kota Kebumen tepatnya di Kecamatan Padureso. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah waduk dengan memancing dan usaha. Waduk ini dapat ditempuh melalui Jalur Selatan Jawa dari arah kota Kebumen ke timur sekitar 17 km ada Pasar Bengkoang yang dijajakan di sepanjang jalan raya Prembun, lalu belok kiri kearah utara sekitar 20 km.

Ref: Dinas Pariwisata, seni & Budaya Kab Kebumen dan berbagi sumber

7 Responses to “Ayo, Wisata ke Daerahku !”

  1. ryan said

    maen temen ya…inyong ya sering lewat kono, Kang!

  2. Salam kenal seka wong Peniron Pejagoan Mas.

  3. zaenal said

    ehm…gua jatijajar knp ga dikembangin menjadi paket wisata minat khusus???

  4. Reea said

    di judul TA sya mengembangkan paket wisata minat khusus di gua Jatijajar,, menurut pendapat anda bagaimana? apakah efektif untuk memajukan Gua Jatijajar tidak hanya sebagai wisata massal saja seperti pada saat ini???

    Nb : contact me please on phone number : 085214373434
    ditunggu yaph!!! thanks b4

  5. Agung Prastowo said

    Mas-mas/Mbak-Mbak,
    Saya tertarik melakukan perjalanan ke Kebumen dan ingin mencoba jalur Adipala-Ayah-Karangbolong-Puring-Petanahan-Ambal dan Mirit.
    Mohon info apakah jalur Adipala – Petanahan kondisi jalannya sudah bagus, ya ? 4 tahun yll saya pernah mencoba dari Glagah (Kulon Progo) menyusuri jalan tsb hanya bisa sampai Petanahan. Petanahan ke arah barat kondisi jalannya rusak.

    salam,
    Agung Prastowo – BOGOR

  6. orang kuto said

    wisatanya ditambahin donk…

  7. trimakasih infonya mari kita benahi wisata budaya kota kebumen tercinta,,,,www.wisatakebumen.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: