HarySoemarwoto’s Weblog

Pemikiran Seorang Anak Bangsa

Capres & Cakada turun ke Pasar untuk Apa?

Posted by harysoemarwoto on May 19, 2008

Euphoria, mungkin istilah ini yang tepat untuk menggambarkan aksi para capres & Cakada (calon kepala daerah baik gubenrnur, bupati maupun walikota) turun ke pasar-pasar saat mereka hendak mencari simpati, mengais suara (dalam pilpres 2004 yang lalu) maupun dalam kampanye pilkada saat lalu, sekarang dan yang akan datang; terlebih setahun lagi kita akan menyelenggarakan Pemilu legislatif & Pilpres 2009. Jorgan yang mereka usung adalah menyerap aspirasi rakyat.

Kemudian, apakah benar untuk menyerap aspirasi rakyat ? Toh dari media pun telah mewartakan situasi harga pasar. Mereka mestinya lebih mengerti dan paham akan rakyat yang akan dipimpinnya. Rakyat perlu pangan, sandang dan papan yang murah sekarang, bukan sekedar kunjungan-kunjungan bagai selebtiri itu.

Siapa pun saudaraku yang akan tampil menjadi Capres, Calon Kepala Daerah saya kira tidak perlu gerakan yang seperti ini akan membuang waktu, tenaga dan biaya. Rakyat perlu komitmen anda untuk TURUNKAN HARGA dan meningkatkan daya beli melalui perluasan lapangan kerja disamping terpeliharanya ipoleksosbudhankam yang kondusif. Tugas anda sangat berat dan janganlah berfikir bahwa menjadi pemimpin itu enak karena serba mewah. Ingat saudaraku, pengadilan di akhirat sangat berat dan apakah anda siapa mempertanggungwabkannya ?. Jadi janganlah permainkan rakyat yang anda pimpin kelak.

Mungkin akan lebih bermanfaat dana perjalanan anda disalurkan kepada rakyat miskin dan pengangguran, bisa dalam bentuk bina ketrampian dengan target membekali mereka ketrampilan untuk mencari nafkah, bukan bekal makanan yang habis sekali suap;  misal kursus potong rambut, bengkel sepeda motor, atau ketrampilan koperasi primer tukang ojek, pedagang K5 atau bantuan modal usaha mikro dll. selaras dengan potensinya masing-masing.

Kemudian, bagi rakyat pun jangan silau akan janji-janji mereka pada capres maupun calon kepala daerah. Rakyat mesti jeli untuk menentukan pilihan. Rakyat jangan “buta tuli” dalam memilih calon pemimpinnya, apalagi menjual suaranya dengan uang (money politic). Begitu kita menerima uang dari mereka berarti lunaslah janji-janji mereka selama kampanye, karena mereka merasa sudah membayar lunas suara kita. Lihat, dengar dan cari rekam jejaknya (track record) dari media cetak dan elektronik, sehingga nantinya kita tidak salah pilih.

Saya pikir inilah saatnya yang muda yang memimpin. Muda penuh potensi, muda berakhlak mulia, muda energik dan tidak korup. Semoga.

One Response to “Capres & Cakada turun ke Pasar untuk Apa?”

  1. adinoto said

    hehehe komitmennya kan setelah menjabat dan bisa bikin kebijakan kang. mungkin pemanasan kali?😀 hehehe anyway blognya bagus, concern, tapi saya juga mau dikirimin resep masakannya😀

    lam kenal, regards.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: