HarySoemarwoto’s Weblog

Pemikiran Seorang Anak Bangsa

Menyusuri Sungai Mahakam

Posted by harysoemarwoto on June 17, 2008

Inilah pemandangan sehari-hari yang dapat kita saksikan di sepanjang Sungai Mahakam di propinsi Kalimantan Timur. Gambar ini diambil di Perkampungan Tanggul kec.Muara Jawa kab Kutai Kartanegera oleh temanku Mas Masrizal dari Malang yang bekerja di daerah ini. Jalur sungai di Pulau Kalimantan memang dominan sebagai penghubung antar daerah. Seperti gambar diatas para nelayan dan anak-anak sudah terbiasa mengendarai ketinting (sebutan perahu kecil terbuat dari kayu) bermesin tempel. Mereka biasa menyusuri sungai mahakam untuk berbagai keperluan termasuk mencari ikan, udang dan kepiting. Harga ikan sekitar Rp 20.000/kg, udang sekitar Rp 60.000/kg, dan kepiting sekitar Rp 20.000/kg. Kedalaman sungai antara 2 – 8 m, jarak tempuh dari Handil ke Samarinda menggunakan speed boat sekitar 1,5 jam, menggunakan ketinting sekitar 3 jam dan menggunakan wooden long boat (kapal kayu) bermesin sekitar 4 jam. Semenjak 4 th lalu warga sekitar Muara Jawa dapat menggunakan angkutan umum (istilah mereka taxi) menuju Samarinda melalui Sanga-sanga sekitar 2 jam setelah dibagun Jembatan Dondang. Ya, akhirnya kapal kayu angkutan umum dari Handil – Sei Mariam – Samarinda sudah tidak ada lagi. Disepanjang tepian sungai mahakan dari Handil arah Samarinda banyak ditemui rumah-rumah panggung/pemukiman warga yang menjorok ke sungai (umumnya suku Bugis) maupun perusahaan-perusahaan seperti perkayuan, peternakan, pertambangan, minyak dan gas.

Didaerah ini terdapat peninggalan sejarah seperti Kutai Lama (cika-bakal kerajakan Kutai), Sanga-Sanga yang dikenal ada Monumen Palagan Sanga-Sanga saat TNI dan rakyat melawan penjajahan tahun 1947.

About these ads

One Response to “Menyusuri Sungai Mahakam”

  1. mas izal said

    mudah2an pembangunan yang berorientasi ke darat (jalan, jembatan dll) tidak mematikan kehidupan masyarakat di tepi sungai mahakam yang sejak dulu bergantung pada adanya sungai tersebut sebagai sumber mata pencaharian, sarana transportasi, dll.

    nambah info dikit boleh ya pak.
    sungai mahakam sendiri adalah sungai utama yang memiliki ratusan sungai anak/cabang yang masing2 memiliki namanya sendiri2, seperti sungai dondang, cerocok, sungai ular, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: