HarySoemarwoto’s Weblog

Pemikiran Seorang Anak Bangsa

Aneka Olahan Daging Kelinci

Posted by harysoemarwoto on June 13, 2008

Saudaraku, terutama Mas Masrizal – Malang yang order untuk posting resep olahan daging kelinci simak resep dendeng, bakso, dan nugget kelinci tulisan berikut ini. Wah, nampaknya sedang merintis produk olahan kelinci, ya ? Insyaallah saya siap memasarkannya di Jabodetabek.

Kelinci adalah salah satu hewan terlucu di muka bumi. Sifatnya yang jinak dengan bulu halus membuat banyak orang tertarik padanya. Tak heran, bila kelinci banyak dipelihara sebagai hewan kesayangan atau hewan hias. Belakangan, kelinci juga dibudidayakan untuk sajian menu makanan. Karena, daging kelinci rasanya lebih gurih dan halus dibanding daging ayam atau kambing. Kadar kolesterol dan natriumnya rendah, sehingga baik untuk pasien penyakit jantung, usia lanjut, dan mereka yang bermasalah dengan kelebihan berat badan. Berikut ini beberapa jenis menu dari bahan daging kelinci.

Dendeng kelinci
Bahan :
1.

1 kg daging kelinci disayat tipis
2. 20 gr bawang putih
3. 20 gr ketumbar
4. Asem secukupnya
5. 60 gr gula jawa
6. Garam secukupnyaCara membuat :

Semua bumbu terlebih dulu digiling halus. Kemudian dilumurkan atau dicampur dengan daging yang telah disayat tipis. Setelah itu, diamkan selama satu malam. Esoknya daging digantung dan dijemur di bawah sinar matahari sampai berwarna kecoklatan. Setelah itu dendeng siap digoreng.
Bakso kelinci
Bahan :
1. 250 gr daging kelinci segar
2.
 

 

75 gr es batu
3. 8 gr garam dapur
4. Penyedap rasa secukupnya
5. 0,5 gr mrica
6. 25 gr tepung tapioka
7. 0,75 gr STP (sodium tripoly pospat).Cara membuat :
Buang lemak dan jaringan ikat (urat) yang menempel pada daging kelinci, kemudian tambahkan garam dan es yang telah dihaluskan selama satu menis. Masukkan tepung tapioka, mrica ke dalam adonan daging, kemudian putar selama satu menit. Adonan yang telah lengket didiamkan selama 30 menit sampai 1 jam (kalau bisa simpan di lemari es) Rebus air dalam panci sampai mendidih, setelah itu kecilkan api atau matikan. Siapkan adonan dan bentuk menjadi bulatan sesuai selera, masukkan ke dalam panci yang berisi air panas. Bulatan bakso akan mengembang dan berubah warna menjadi coklat keabuan, kemudian rebus lagi selama 10-15 menit. Tiriskan dan bakso siap untuk dimakan atau diolah menjadi berbagai jenis menu makanan atau disimpan.

Nugget kelinci
Bahan :
1. 1 kg daging kelinci
2. 35 gr susu krim
3. 20 gr bawang putih
4. 10 gr lada
5. 15 gr gula
6. 1 gr MSG (monosodium glutamate)
7. 25 gr meizena
8. 1 kg minyak goreng
9. 75 gr es batu
10. Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :
Daging digiling hingga halus, kemudian campurkan dengan 25 gr meizena, 35 gr susu krim, 75 gr es batu, 20 gr bawang putih, 10 gr lada dan 1 gr MSG. Adonan dicetak dalam lembaran plastik dan dimasukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu adonan dipotong-potong dan dicelupkan dalam perekat tepung yang terbuat dari campuran 80 gr meizena, 2 gr bawang putih, 1 gr lada, 1 gr garam, dan 300 ml air. Setelah itu nugget dilumuri dengan tepung roti dan dilakukan penggorengan awal (digoreng setengah matang). Kemas nugget dalam vakum dan simpan pada suhu rendah. Jika akan dimakan nuget digoreng selama empat menit.  (Sumber website Tani Merdeka)
 

 

 

 

About these ads

9 Responses to “Aneka Olahan Daging Kelinci”

  1. mas izal said

    makasih sanget pak Har, istri saya memang lagi nyoba2 olah daging kelinci di Batu. Mohon doanya mudah2an lancar.

  2. agus santoso said

    Jakarta, 24 Juni 2008

    Dengan hormat,
    Salam kenal dari saya, Agus Santoso, tinggal di Jakarta Timur,. Saat ini saya sudah merintis budidaya kelinci pedaging, namun saya masih belum mengetahui banyak tentang pasar daging kelinci. Mohon kiranya bapak kontak saya di 0816-1194533 bila mungkin kita menjalin kemitraan. Atas perhatian dan kerja samanya, saya ucapkan terima kasih.

  3. Yth. Harry Soemarwoto

    Kami sedang mengumpulkan informasi sehubungan dengan penyusunan “feasibility studies” usaha pengolahan daging kelinci. Mohon Informasi lebih jauh dan contact person yang dapat kami hubungi.

    Kami sedia berbagai jenis kelinci (hias dan pedaging)
    Sindhi Farm – Bogor : 0251635891
    Sinto : 0817 900 2065
    Diah : 0813 1911 9926

    Pemasaran : Ary Andromeda 0818 868 727
    aryandromeda@yahoo.com
    http://www.aryandromeda.com (content baru disusun)

    Jl. Wirasaja I Blok H-13, Waringin Permai, Jakarta Timur 13620
    (hanya 100 meter dari Jatiwaringin Exit Tol)
    Phone : 0218616124 Facs : 02186604149
    Contact :
    Handi Rahardjo : 0813 9155 8000
    Purwanto : 0858 8532 4320
    Ade Irma : 0818 78 55 78

  4. mantap menunya, bisa dijadikan tambahan menu di rumah makan kami. kebetulan kami membuka rumah makan spesial masakan daging kelinci di Karanglo, Bandungan, Kabupaten Semarang. namun selama 3 tahun ini daging kelinci dimasak sate, tongseng, gule, rica-rica, baso, panggang dan goreng…….
    bagi penggemar daging kelinci bisa coba ditempat kami.

  5. adji said

    Assalamualaikum

    perkenalkan pak Har saya Adji mahasiswa Fak Kedokteran Hewan UGM..melihat tulisan ttg hasil olahan daging kelinci saya agak tertarik ney..kebetulan saya dan teman2 lagi pengajuan proposal Program kreatifitas Mahasiswa (PKM) 08..nah qt ingin mengajukan usaha bakso dan nugget kelinci ..kalo dilihat dari kandungan daging itu tinggi protein dan rendah kolesterol jadi dapat digunakan sbg bahan makanan alternatif..menurut bapak peluang kedepan seperti apa ya??qita juga ingin tahu analisis usaha yang ideal sperti apa??

    Kalo kita ingin bekerjasama dengan pihak mana ya pak??seperti pengusaha kelinci dan olahannya…Kalo boleh kita minta nomernya mas isal dan pak har..trmakasih banyak

    Pengirim:
    Tasik Aji Prabowo
    Fak Kedokteran Hewan UGM
    0856 4027 2994

  6. agha fadly rufiadi said

    trimakasih pak har,saya sudah lama budidaya kelinci tp kebingungan cara pemasarannya.kalo bisa saya ingin minta saran lebih tentang bagaimana baiknya masa depan peternakan saya ini.saya sangat berharap dari bpk.

  7. rohmad said

    assalam… sekedar berbagi info…
    kalo ada yg ingin mencari daging/karkas kelinci, insya allah kita siap supplai 1-2 ton per bulan….

    -terima kasih-

    http://www.facebook.com/pages/Sabeles-Store/141164345919714

  8. risanti said

    Saya juga akan melakukan pembuatan bakso dan nuget daging kelinci. tujuannya agar ada diversifikasi dengan budidaya kelinci yang jadi hobi saya. orientasi penjulan ke pasaran menjadi nomor sekian buat saya. saya mohon info pembuatan bakso dan nuget tanpa penyedap rasa dan pengawet ( saya hindari MSG pada masakan di rumah saya )
    kirnya ada yang berkenan, info saya tunggu di arsinta_littlesister@yahoo.co.id
    terima kasih

    risanti
    wates kulon progo Yogyakarta

  9. yenni said

    Pak Hary, artikelnya menarik..
    Kl olahan kelinci ini disimpan, bisa kuat buat brp lama ya pak?

    Trmksh sblmnya Pak Hary. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: